Penguatan Regristrasi Adminduk, Dukcapil Gandeng Mahasiswa KPM IAIN Ponorogo

  • -

Penguatan Regristrasi Adminduk, Dukcapil Gandeng Mahasiswa KPM IAIN Ponorogo

Masih adanya penduduk Ponorogo yang belum melakukan Perekaman KTPel dan untuk meningkatkan cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran bagi anak usia 0 s/d 18 tahun, Dukcapil Ponorogo bekerjasama dengan IAIN Ponorogo dengan memaksimalkan mahasiswa KPM untuk di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Sampung dan Kecamatan Badegan.

Menurut Ir. Endang Retno Wulandari.MM disela pembekalan kuliah umum yang diselenggarakan pada tanggal 5 s/d 7 Juli 2017 adalah bertujuan membangun kader–kader muda di bidang kependudukan yang mampu membantu percepatan peningkatan kesadaran masyarakat dalam tertib administrasi kependudukan serta mahasiswa memperoleh pengetahuan, pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsung untuk merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan, khususnya terkait bidang kependudukan dan pencatatan sipil

Diketahui sampai dengan Juni 2017 bahwa data penduduk di Kecamatan sampung diketahui dari wajib KTP sebanyak 32.388 sudah perekaman 30.814 dan belum perekaman 1.574 dan untuk anak usia 0 s/d 18 tahun jumlah anak 8.297 sudah berAkta 6.587  belum berAkta 1.710. Sedangakan untuk kecamatan Badegan diketahui dari wajib KTP sebanyak 26.932 sudah perekaman 25.302 dan belum perekaman 1.090 dan untuk anak usia 0 s/d 18 tahun jumlah anak 7.376 sudah berAkta 5.986 belum berAkta 1.390.

Dalam pembekalan kuliah tersebut juga disampaikan bahwa tugas mahasiwa adalah selain menjadi motor penggerak dalam pelaksanaan Perekaman KTPel dan Kepengurusan Akta Kelahiran juga Mendorong dan meningkatkan kesadaran penduduk untuk tertib dalam kepengurusan Administrasi Kependudukan dengan Update Kartu Keluarga.

Pembekalan khusus terkait persyaratan dan mekanisme dalam proses kepengurusan Dokumen Kependudukan untuk mahasiswa KPM dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2017 dengan menghadirkan 19 narasumber dan juga berfungsi sebagai pendamping dalam pelaksanaan KPM nanti yang terdiri dari staf dukcapil meliputi Kepala Bidang, Kasi, Kepala UPT Dukcapil. staf khusus tambahnya

Pelaksanaan KPM Mahasiwa IAIN Ponorogo sendiripun akan dimulai pada 1 Agustus 2017 sampai dengan 31 Agustus 2017 dan diakhiri penyerahan dokumen kependudukan dan laporan evaluasi penilaian.

Be Sociable, Share!

POLLING LAYANAN

Selamat Datang Di Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ponorogo. Silakan pilih  polling kepuasan layanan

“Salam 20 Menit”

Puaskah anda terhadap layanan Salam 20 menit untuk akta kelahiran dan akta kematian ?