DUKCAPIL lakukan Pemuhtakhiran Elemen Data Kependudukan

  • -
Picture4

DUKCAPIL lakukan Pemuhtakhiran Elemen Data Kependudukan

 Ponorogo – Tersedianya elemen data kependudukan yang lengkap, akurat dan mutakhir sangat penting karena berimplikasi pada pelayanan publik dan pembangunan di sektor lain. Oleh karena itu, Dinas Dukcapil kabupaten/kota sebagai ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan perlu berperan aktif untuk menjamin tersedianya data kependudukan tersebut dengan mengedepankan inovasi.

Hal ini menginspirasi Dinas Dukcapil Kab. Ponorogo untuk melakukan pemutakhiran elemen data penduduk. Sebagai langkah awal, pada tanggal 15 – 16 Maret 2016 lalu Dinas Dukcapil Kab. Ponorogo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pelaksana dan Kader Pendata di Kecamatan Bungkal dan Kecamatan Jetis. Bimtek ini mengawali pelaksanaan pemutakhiran elemen data di dua kecamatan tersebut hingga akhir Maret mendatang.

Bimtek ini melibatkan para kader dari tingkat desa. Untuk Kecamatan Bungkal, terdapat 19 desa dengan jumlah kader pendata sebanyak 96 orang. Kecamatan ini dihuni 14.227 kepala keluarga. Jadi, setiap kader akan melakukan pendataan kepada sekitar 150 kepala keluarga.

Di Kecamatan Jetis, terdapat 14 desa yang terdiri 75 kader pendata. Kecamatan ini memiliki 11.074 kepala keluarga, yang berarti setiap kader juga akan melakukan pendataan kepada sekitar 150 kepala keluarga.

Kepala Dinas Dukcapil Kab. Ponorogo Ir. Endang Retno Wulandari, MM. hadir memberikan pengarahan pada kegiatan Bimtek tersebut. Ia menekankan akan pentingnya pemutakhiran elemen data kependudukan serta manfaatnya dalam pelayanan publik dan pembangunan di sektor lain.

Untuk memaksimalkan pemahaman kader pendata, peserta Bimtek dibagi dalam 6 kelompok kecil untuk mendapatkan penjelasan teknis oleh tim kabupaten. Dalam kelompok kecil inilah terjadi interaksi yang intensif antara peserta dengan tim kabupaten untuk berdiskusi dan menanyakan hal-hal teknis yang biasa dihadapi di lapangan.

Bimtek juga dimanfaatkan dinas Dukcapil untuk menyosialisasikan layanan hotline sebagai media untuk mengadu, bertanya, memberi saran dan masukan terkait layanan administrasi kependudukan di Kab. Ponorogo. Kepala Dinas Dukcapil bahkan secara terbuka mengumumkan nomor HP pribadinya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Ponorogo  H. Ipong Muchlisoni mendukung penyelenggaraan Bimtek ini. Menurutnya, tersedianya elemen data penduduk yang akurat sangat membantu memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu elemen data yang dianggapnya penting adalah golongan darah.

Bupati berkomitmen untuk menyelenggarakan pengecekan darah gratis bagi anak-anak usia sekolah di seluruh Kab. Ponorogo. Saat ini, sudah tersedia data golongan darah kurang lebih 6% dari seluruh penduduk Ponorogo.

Sumber : Dirjen Dukcapil

Be Sociable, Share!