BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL

Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

  • Bidang Pelayanan Pencatatn Sipil mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan pelayanan pencatatan sipil dengan menyelenggarakan fungsi :
  1. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi internal dan lintas sektoral dalam pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
  2. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan penerbitan dokumen pencatatan sipil;
  4. Pelaksanaan pendokumentasian dan pemeliharaan dokumen hasil pelayanan pencatatan sipil;
  5. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pencatatan sipil;
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  • Seksi Kelahiran dan Kematian mempunyai tugas tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dengan menyelenggarakan fungsi :
  1. Pelaksanaan pendataan, verifikasi dan klarifikasi penduduk yang belum memiliki Akta Kelahiran dan Kematian;
  2. Penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dan Kematian;
  3. Pelaksanaan pelayanan Pencatatan Kelahiran dan Kematian dan penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Kematian
  4. Pelaksanaan pelayanan pencatatan perubahan dan penerbitan kutipan kedua dan seterusnya serta salinan akta;
  5. Pelaksanaan pendokumentasian, digitalisasi dan pemeliharaan dokumentasi hasil pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil.
  • Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pelayanan pencatatan perkawinan dan perceraian dengan menyelenggarakan fungsi :
  1. Pelaksanaan pendataan, verifikasi dan klarifikasi perkawinan, perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan penduduk yang terlambat pelaporannya;
  2. Penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan pelaksanaan pelayanan pencatatan Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan;
  3. Pelaksanaan pelayanan pencatatan Perkawinan dan Perceraian serta Penerbitan Akta Perkawinan dan Perceraian;
  4. Pelaksanaan pelayanan Pencatatan Pengangkatan Anak, Pengakuan Anak, Pengesahan Anak, Perubahan Status Anak kewarganegaraan;
  5. Pelaksanaan pendokumentasian, digitalisasi dan pemeliharaan dokumentasi hasil pelayanan pencatatan perkawinan, perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan pencatatan Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang pelayanan pencatatan sipil.
Be Sociable, Share!