BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK

Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk

  1. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelayanan pendaftaran penduduk dengan menyelenggarakan fungsi  :
  • Perumusan kebijakan teknis pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi internal dan lintas sektoral dalam pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan pendokumentasian hasil pelayanan pendaftaran penduduk;
  • Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pendaftaran penduduk.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

  • Seksi Identitas Penduduk mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayanan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dengan menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan petunjuk pelaksanaan penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik dan Kartu Keluarga;
  2. Penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan pelayanan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk;
  3. Penyiapan penetapan ketentuan serta pemberian petunjuk tentang perubahan elemen data kependudukan;
  4. Pemberian Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) bagi penduduk;
  5. Pelaksanaan pedaftaran dan penerbitan Kartu Keluarga ( KK ) serta Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( KTP-el ) untuk WNA bagi yang sudah memiliki Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP);
  6. Pelaksanaan pendokumentasian dan digitalisasi dokumentasi hasil pelayanan pendaftaran penduduk;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk; dan
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.
  • Seksi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk Penduduk mempunyai tugas penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pelayanan pindah datang penduduk dengan menyelenggarakan fungsi :
  1. Pelaksanaan inventarisasi, verifikasi dan klarifikasi pindah datang penduduk;
  2. Penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan pelaksanaan pelayanan pindah datang penduduk;
  3. Pelaksanaan pendokumentasian dan digitalisasi dokumentasi hasil pelayanan pindah datang penduduk;
  4. Penelitian dokumentasi administrasi kependudukan dalam rangka pendataan penduduk;
  5. Pelaksanaan pendataan penduduk rentan dan penduduk non permanen;
  6. Pelaksanaan pendataan bagi penduduk Warga Negara Asing (WNA);
  7. Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi WNA yang sudah memiliki Kartu Ijin Tinggal Sementara (KITAS);
  8. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan pindah datang penduduk;
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.
Be Sociable, Share!

POLLING LAYANAN

Selamat Datang Di Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ponorogo. Silakan pilih  polling kepuasan layanan

"Salam 20 Menit"

Puaskah anda terhadap layanan Salam 20 menit untuk akta kelahiran dan akta kematian ?