Kam. Sep 19th, 2019

Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jl. aloon – alon utara No. 8 ponorogo

sumber vidio : GSI TV


“Pensiun Bahagia” adalah sebuah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat terkait proses update data dan penerbitan dokumen kependudukan kepada para pensiunan PNS/TNI/POLRI dengan menjalin jejaring kerja dan sinergitas dengan instansi/lembaga lintas sektor.
Sasaran kegiatan ini difokuskan pada penduduk Kabupaten Ponorogo dengan profesi PNS/TNI/POLRI yang memasuki masa pensiun, dengan pertimbangan masih banyak PNS/TNI/POLRI setelah pensiun enggan dan tidak segera melaporkan status pekerjaannya ke Dinas Dukcapil.
Dalam setiap masa pensiun diperkirakan baru sekitar 35 % yang langsung melaporkan perubahan datanya. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa data yang diambil dari lima lembaga/instansi sebagai sample bahwa PNS/TNI/POLRI yang pensiun periode Januari s/d Maret 2018 adalah 159 orang dan sudah melaporkan perubahan datanya 55 orang (35%), sedangkan yang belum melaporkan 104 orang (65%). Dalam menyikapi kondisi seperti ini maka diperlukan sebuah terobosan/ inonasi untuk mempercepat proses update data sehingga database maupun dokumen kependudukan yang dimiliki pensiunan cepat terbarui.
Kegiatan utama dari inovasi pensiun bahagia adalah melakukan proses update data dan penerbitan dokumen kependudukan bagi pensiunan PNS/TNI/POLRI tanpa menunggu permohonan secara perorangan, tetapi dilakukan dan dikoordinir oleh instansi/lembaga tempat bekerja. Dokumen hasil update data diserahkan bersamaan dengan penerimaan SK Pensiun. Dengan demikian para pensiunan dapat memperoleh dokumen kependudukan ( KK dan KTP) terbaru secara mudah, cepat, efisiensi tenaga dan biaya sehingga merasa bahagia.