Penguatan Regristrasi Pencatatan Pelaporan Administrasi Kependudukan & Percepatan Pemanfaatan Data

  • -

Penguatan Regristrasi Pencatatan Pelaporan Administrasi Kependudukan & Percepatan Pemanfaatan Data

Category : Bidang Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ponorogo, menggelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dengan Tema “Penguatan Regristrasi Pencatatan Pelaporan Administrasi Kependudukan dan Percepatan Pemanfaatan Data Bagi Instansi Pemerintah dan Swasta Dalam Pelayanan Publik di Hotel Amaris Ponorogo dengan Undangan Kepala OPD/Satker, Camat, Lembaga lintas sektor lainya, Selasa (22/08).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ponorogo, Ir Endang Retno Wulandari.MM saat ditemui di sela-sela acara mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan  dalam rangka memberikan informasi tentang pentingnya data kependudukan yang dimulai dari titik awal data adalah pendaftaran penduduk, serta saat ini data kependudukan sudah bagus dengan berbasis NIK Tunggal Nasional dapat dimanfaatkan oleh OPD/satker lain, lembaga perbankan, serta lembaga swasta lainnya

Sementara itu, Bupati Ponorogo yang diwakili oleh asisten II Drs. Najib Susilo, MM dalam sambutannya mengatakan, masalah kependudukan merupakan hal yang krusial, untuk itu perlu adanya keseriusan dari pemerintah.

“Perencanaan pembangunan memerlukan data kependudukan, sebab dapat menjadi bahan perumusan kebijakan dalam perencanaan pembangunan’’ tambahnya.

Tambanya beliau menegaskan, Dinas Dukcapil adalah satu-satunya sumber data kependudukan, untuk itu perlu ada kerjasama antara Dinas Dukcapil dengan Lembaga dan Instansi lainnya dalam pemanfaatan kependudukan.

“Dukcapil harus selalu siap dalam menyajikan data kependudukan yang dibutuhkan,’’

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Direktur Pendaftaran Penduduk Drs. Drajat Wisnu Setyawan, MM dan K.Subid Layanan Administrasi data kependudukan Christina L Sudarijati, SH, M.Si dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Jakarta.

Dalam kesempatan sosialisasi itu juga dilakukan penandatanganan MOU dengan Pihak Rumah Sakit Daerah Ponorogo dan Dinas Pendidikan Kab Ponorogo.

 

Be Sociable, Share!