Persyaratan Mengurus Akta Kelahiran

  1. Formulir Pelaporan Pencatatan Sipil F-2.01 Kelahiran
  2. Surat keterangan kelahiran dari Bidan/Dokter/RS/SPTJM Kebenaran Data Kelahiran
  3. Buku Nikah/Kutipan Akta Perkawinan/Kutipan Akta Perceraian/SPTJM Kebenaran Sebagai Pasangan Suami Istri
  4. Kartu Keluarga dimana anak terdaftar maupun akan didaftarkan sebagai anggota
  5. KTP-el orang tua anak dan/atau pelapor

  1. Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan yang dilampiri persyaratan sesuai jenis dokumen yang dimohonkan (untuk Formulir - formulir pelaporan / pendaftaran bisa didapatkan di Loket Pelayanan atau dapat diunduh di website Dinas Dukcapil Ponorogo)
  2. Petugas pelayanan memeriksa kelengkapan berkas permohonan, selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi kebenaran formulir dan persyaratan yang diserahkan oleh penduduk.
  3. Operator melakukan perekaman data ke dalam basis data kependudukan.
  4. Penerbitan dokumen hasil pelayanan selain KTP elektronik dan Kartu Identitas Anak:
    1. Pengesahan secara elektronik: Operator mengajukan pengesahan dokumen hasil pelayanan dan selanjutnya dilakukan verifikasi oleh verifikator pengesahan dokumen hasil pelayanan.
    2. Pengesahan secara manual: Operator mencetak dokumen hasil pelayanan dan selanjutnya dokumen cetak tersebut diverifikasi oleh verifikator pengesahan dokumen hasil pelayanan.
  5. Kepala Dinas Dukcapil membubuhkan tanda tangan elektronik untuk dokumen hasil pelayanan poin 4.a dan tanda tangan manual untuk dokumen hasil pelayanan poin 4.b.
  6. Operator mencetak KTP-el, KIA dan dokumen hasil pelayanan poin 4.a yang telah disahkan kepala Dinas Dukcapil.
  7. Petugas pelayanan menyerahkan dokumen hasil pelayanan yang telah disahkan kepada penduduk.
  8. Petugas Dinas Dukcapil mengarsipkan dokumen hasil pelayanan dan/atau berkas permohonan yang telah selesai secara manual dan/atau elektronik.
  1. Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo
  2. Mall Pelayanan Publik PCC
  3. Kantor Kecamatan wilayah masing-masing
  1. Kantor Dinas Dukcapil dan Kantor Kecamatan:
    • Senin a/s Kamis jam: 07.30 s/d 13.00 WIB
    • Jumat jam: 07.00 s/d 09.30 WIB
  2. Mall Pelayanan Publik PCC:
    • Senin a/s Minggu jam: 10.00 s/d 19.30 WIB/menyesuaikan hari buka Mall PCC
  • Kantor Dinas Dukcapil dan Mall Pelayanan Publik PCC: 1 hari kerja
  • Kantor Kecamatan: sesuai SOP yang ditetapkan kecamatan masing-masing
GRATIS

Catatan

  •  Pelayanan pencatatan kelahiran di kecamatan khusus untuk anak yang berusia kurang dari 1 (satu) tahun

  •  Pendaftaran ke Kartu Kelurga untuk anak yang tidak memiliki surat kelahiran dari Bidan/Dokter/RS melalui mekanisme Pelayanan Pencatatan Biodata (poin A. Pelayanan Pendaftaran Penduduk angka 1)

  •  SPJTM Kebenaran data kelahiran digunakan untuk Pencatatan Kelahiran anak yang sudah terdaftar di Kartu Keluarga namun tidak memiliki surat kelahiran dari Bidan/Dokter/RS

  •  Pemohon membawa dokumen persyaratan asli dan fotokopi/salinannya untuk arsip permohonan